April 27, 2014

Beberapa Trick Youtube yang Mungkin Tidak Kamu Ketetahui



Youtube merupakan salah satu situs video streaming yang paling populer di dunia. mungkin kita ingin mengetahui video musik terbaru, atau ingin mengetahui tutorial terbaru, tempat pertama yang terkintas dibenak kita adalah youtube. Meskipun Youtube sangat terkenal tapi saya yakin ada beberapa trik yang belum diketahui oleh sebagian besar pengguna dalam menjelajahi platform youtube, misalkan fitur-fitur yang disediakan, hack, atau jalan pintas.

1. Specific Start Time
Pada youtube, kita bisa membagikan video yang baru saja kita lihat kepada orang lain dengan menentukan waktu mulainya, misalkan durasi video 10 menit tapi kita ingin share mulai pada menit ke 5.  caranya seperti berikut:

- buka video yang ingin kita share.
- klik pada bagian share/bagi seperti gambar berikut

 

- kita bisa share ke beberapa tempat seperti facebook, twitter dll.
- dibawah bar tempat share terlihat kolom ceklis 'dimulai'
- ceklis kemudian tinggal ketikkan waktu mulai video yang ingin kita share.
- selanjutnya tinggal copykan url yang ada disampingnya

dengan cara  ini kita bisa menunjukkan langsung apa sebenarnya yang ingin kita perlihatkan kepada orang lain tanpa menunggu lama.

2. Auto Replay
Ada saat-saat tertentu ketika Anda terobsesi dengan video Youtube, apakah itu sebuah lagu yang lagi naik daun atau video lucu. Bukankah menjengkelkan untuk selalu harus memutar ulang setiap kali video berakhir? Mengapa tidak mengaktifkan fitur perulangan? caranya sangat mudah hanya mengganti kata 'youtube' dengan 'infinitelooper' pada URL dan tekan enter.
 
 
 
 
 


3. Auto High Definition Video Play
Terkadang ketika membuka video di youtube telah ditentukan kualitas videonya pada seetingan default. hal ini dilakukan untuk mencegah kita memutar video secara permanen dalam format HD.

Dengan menginstalkan Magic Actions for YouTube pada browser firefox kita bisa mengaktifkan opsi auto HD pada video yang sedang kita putar.
Magic Actions for YouTube ini juga bisa digunakan pada browser chrome
 



4. Pencarian Kata Kunci yang Akurat
banyak kejadian saat mencari sebuah video dengan kata kunci tapi hasil pencarian tidak sesuai dengan yang kita harapkan karena melenceng jauh dari kata kunci atau diberi saran terhadap kata kunci yang kita maksud, nah untuk lebih akuratnya sebuah keyword atau kata kunci pada pencarian di youtube tinggal tambahkan kata 'allinetittle:' sebelum kata kunci.  maka hasil pencarian yang akan muncul hanya sesuai kata kunci.



5. Menghilangkan Keyword / kata kunci tertentu
misalkan kita mencari tutorial tentang matlab ternyata kebanyakan yang muncul pada hasil pencarian adalah tutorial matlab loop.

jika kita tidak setuju terhadap pencarian loop kita bisa mengecualikannya, maksudnya pada pencarian berikutnya semua kata loop tidak akan muncul lagi. caranya sebagai berikut

kata kunci -kata yang ingin dihilangkan



6. Memutar video pada koneksi lambat 
Youtube telah merilis sebuah fitur yang kuat disebut 'Feather Beta'. Fitur ini didedikasikan untuk pengguna yang ingin menjalankan video pada koneksi internet sangat lambat. Sistem ini pada dasarnya mengambil beberapa byte yang membatasi kecepatan video streaming di browser Anda.

Untuk opt-in fitur Anda cukup pergi ke http://www.youtube.com/feather_beta dan bergabung dengan fitur beta.



No comments:

Post a Comment