May 1, 2014

10 Bagian Tubuh Manusia Yang Bisa Diganti

1. Jari

Fingers-That-Store-Digital-Files
Programmer Finlandia Jalava Menciptakan Jari palsu untuk para penyandang cacat jari yang memiliki memori 2GB. Jari ini bisa langsung dicolokkan ke dalam komputer. Seluruh jari dapat dilepas dari tangan. Jadi, pada dasarnya ini fungsi jari sebagai flash drive yang dapat dihapus sesuka hati. 

2. Mata Buatan

http://cdn.wonderfulengineering.com/wp-content/uploads/2014/04/bionic-eye.jpg 

Ketika Seseorang kehilangan penglihatan mereka, itu artinya sinyal syaraf antara fotoreseptor dan otak hilang atau terputus. Retina dalam mata bertanggung jawab untuk memproses informasi dari fotoreseptor ke otak. Fungsi retina tidak lagi berfungsi. Para peneliti di Weill Cornell Medical College telah membangun retina buatan memiliki chip yang mampu mengubah sinyal elektronik ke cahaya. Mereka telah bereksperimen dengan sukses pada tikus. Pemandangan tikus dipulihkan.

3 Pangkreas Buatan

7251451_600x338 

Pankreas berfungsi memproduksi insulin dalam tubuh. ini sangat berkaitan dengan diabetes, yang mengurus kadar gula darah dengan mengambil insulin eksogen. Insulin buatan membuat kehidupan penderita diabetes jauh lebih mudah karena secara otomatis pompa insulin ke dalam darah. Perangkat ini lebih seperti sebuah pompa insulin, tetapi dengan fitur tambahan yang mengatur gula darah dan tingkat insulin sepanjang hari. Hal ini mampu menyesuaikan secara otomatis ke tingkat glukosa darah.

4. Hidung Buatan

artificial nose

Para ilmuwan dari University of Illinois telah bekerja untuk membuat hidung buatan yang bisa mendeteksi bakteri dari bau dan mendiagnosa penyakit tertentu. Hasilnya tidak benar-benar menyerupai hidung kebanyakan manusia biasa, tapi bisa mendeteksi baunya bakteri dan titik-titik yang mengubah warna untuk mengidentifikasi mereka. 

5. Telinga Buatan dari Printer 3D

Replacement Ear

Daun telinga luar yang biasanya disebut pinnae. Ini mengandung tulang rawan sebagai komposisi utama mereka. Para ilmuwan telah menciptakan pencetakan telinga dengan bantuan sebuah printer 3D. Mereka  menggunakan sel-sel tikus dan sapi, yang mampu memproduksi kolagen. Mereka harus ditempatkan dalam cetakan telinga manusia yang dibuat oleh printer 3D. Ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk membuat telinga tersebut. 

6. Otak Kecil Manusia 

8846719-brain  

Para ilmuwan di Austria telah mampu membuat otak sama dengan yang di janin sembilan-mingguan. otak kecil ini sebesar kacang polong. Mereka tidak memiliki kemampuan untuk berpikir untuk saat ini. Hal yang menjadi rintangan di jalan otak ini tumbuh besar adalah tidak adanya suplai darah. Anda pasti bertanya-tanya apa yang akan mereka gunakan jika mereka tidak bisa berpikir. Nah, ini otak Mini akan membantu para ilmuwan mempelajari penyakit otak. 

7. Kaki Bionik Yang Bisa dikendalikan oleh Otak

http://cdn.wonderfulengineering.com/wp-content/uploads/2014/04/1_large_verge_medium_landscape.jpg  

Kaki buatan yang biasa digunakan oleh orang yang diamputasi, kaki ini memiliki kelemahan yaitu tidak memiliki koneksi saraf dengan tubuh. namun, para ilmuwan kini telah mampu mengembangkan kaki yang dikendalikan oleh pikiran dari otak. Zac Vawter dari Amerika menjadi orang pertama yang telah memakai kaki bionik ini yang bisa membaca sinyal dari otak.


8. Tangan Palsu Dengan Kemampuan Untuk Merasakan Sentuhan

prosthetic-hand  
  
Banyak dari Anda harus mengetahui tentang tangan palsu yang tersedia di pasar sekarang. Mereka memiliki kemampuan untuk menangkap objek, tetapi mereka tidak memiliki kemampuan untuk merasakan hal-hal dengan sentuhan. Para ilmuwan dari University of Chicago telah menemukan solusi untuk masalah ini. Mereka telah membuat tangan yang dapat mengirim sinyal listrik ke otak dan memberikan perasaan sentuhan. Mereka telah menggunakan monyet sebagai subyek uji dan hasilnya cukup bagus. Teknologi baru ini akan segera dipasarkan.

9. Detakan Jantung yang Dibuat dalam Cawan Petri

Stem cells in lab  


Para ilmuwan telah meneliti sel-sel induk untuk menggantikan sel-sel jantung. Mereka akhirnya memiliki terobosan ketika mereka mampu menghasilkan jaringan jantung, yang memiliki kemampuan intrinsik untuk berdetak sendiri. Tim ilmuwan dari The University of Pittsburgh ini menggunakan sel-sel kulit sebagai sel-sel prekursor utama untuk membentuk jaringan ini. 

10. Kulit Elektronik Ultra-Sensitif

super-sensitive-electronic-skin_forcetoknow.com_  

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia. Ini secara langsung melindungi kita dari mikroorganisme dan membentuk garis pertahanan pertama tubuh kita. Hal ini biasanya organ pertama yang mengalami kerusakan kalo terjadi sesuatu pada tubuh. Stanford Zhenan Baohas telah berhasil membuat bahan ultra-sensitif yang dapat digunakan sebagai pengganti flaps dan cangkok untuk menutupi area kulit yang rusak. Ini memiliki lapisan elastis, yang memungkinkan untuk diregangkan. kulit ini memiliki transistor dan sel surya elastis yang membantu untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya dengan baik. 


Itu lah 10 bagian tubuh manusia yang dapat diganti, dengan adanya terobosan ini dapat membantu orang-orang yang telah kehilangan organ tubuh. seperti 10 bagian yang tadi. hmm sekarang Say Thanks to Engineer and Medicine....  :)

Source : WonderfulEngineering

No comments:

Post a Comment