May 10, 2014

Beberapa Triks Pencarian Google




 

Mencari sesuatu di google memang sangat mudah, kita hanya memasukkan kata kunci tentang apa yang ingin kita cari dengan otomatis google akan memberitahukan. semua kalangan untuk sekarang ini sangat butuh akan google, terutama dunia pendidikan. murid/mahasiswa biasanya mengharapkan google untuk menunjang pembelajaran seperti mencari tugas, referensi dan lain sebagainya. tapi, tidak jarang pula para browser atau pengguna google kesulitan dalam mencari apa yang sebenarnya mereka inginkan. berikut beberapa trik dalam menggunakan google supaya hasil pencarian maksimal seperti yang diharapkan.

1.  Pencarian dengan Domain
maksudnya dengan pencarian domain kita akan dibawa langsung ke alamat web khusus. seperti menambahkan .org, .edu atau .gov setelah kata kunci. Dengan ini, hasil pencarian akan mengarah langsung kealamat yang berwewenang tentang hal tersebut. dan sumber ini sangat terpercaya untuk dijadikan sebuah referensi.

2. Pencarian dengan Tipe File
Dengan metoda ini, hasil pencarian kita akan lebih terfokus pada tipe file, seperti pdf, ppt, doc, xls, rtf, google earth dan lainnya. dengan pencarian ini akan membantu sekali saat presentasi. caranya cukup mengetikkan tipe file setelah kata kunci. misalnya [trik google Filetype: pdf] untuk hasil pdf.

3. : [dibaca: titik 2]
jika kita inginkan sumber yang acak, tanpa memikirkan materi yang terpercaya, kita cukup mengetikan ':' sebelum kata kunci. misalnya [: google]. Dengan cara ini lebih prektis.

4. Pengecualian Istilah
Jika kita tidak ingin suatu kaya muncul dalam hasil pencarian, cukup tambahkan minus [-] sebelum kata tersebut tanpa spasi.

5. Pencarian *
Dengan penambahan simbol bintang dalam kata kunci akan memberikan sumber yang memiliki pendapat yang berbeda tentang suatu hal. jadi kita tidak akan menemukan artiker yang sama dalam hasil pencarian. Misalnya: [Pengertian Google menurut * dan *]

6. Search tool / alat penelusuran
Setelah melakukan pencarian, dengan meng-klik search tool/alat penelusuran yang ada dibawah kata kunci akan membantu kita dalam mendapatkan hasil yang maksimal. dengan search tool kita bisa memfokuskan hasil menurut waktu, bahasa dan sumber.

7. Membatasi Sinonim
Seperti yang kita tahu bahwa google tidak selamanya bisa mencarikan kata kunci yang kita ketikkan, tapi google memberikan hasil kata yang menyerupai [sinonim] dengan kata kunci kita. Untuk menghilangkan sinonim kata dan hanya berfokus pada kata kunci kita cukup menambahkan + sebelum kata kunci.

8. Penelusuran Menurut Bahasa
Hasil penelusuran google bisa kita sesuaikan dengan bahasa yang kita gunakan. rubah bahasa di Advanced Search.

9. Berdasarkan Penulis
Biasanya ini untuk jurnal, dengan mengetikan nama penulis akan lebih memfokuskan hasil pencarian.

10. Berdasarkan Penerbit Jurnal
Selain nama penulis, pencarian jurnal bisa juga dengan penerbit atau dimana jurnal tersebut diterbitkan.

11. Kamus
untuk mengetahui makna suatu kata cukup dengan mengetikan 'define' sebelum kata kunci.

Sedian dulu trik untuk mempermudah kita dalam melakukan pencarian di google, semoga bermanfaat.






No comments:

Post a Comment